Saya bangga menjadi alumni S3 di Departemen Kimia FMIPA UNAND.  Selama perkuliahan, saya terkesan dengan atmosfer disini karena memiliki rasa kekeluargaan yang sangat kental, baik dosen maupun para pejabat di Departemen merupakan orang-orang yang rendah hati, komunikatif, dan ramah. Perlakuan tersebut mulai saya rasakan sejak awal datang ke kampus UNAND, dimana kapordinya mau menemani melakukan pendaftaran dan mengajak berkeliling kampus UNAND. Begitupula halnya dengan para staff Departemen Kimia dan fakultas serta laborannya juga sangat ramah, rendah hati, dan responsif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa.

Departemen Kimia FMIPA UNAND ini juga memiliki banyak dosen yang sudah meraih gelar Profesor dan cukup berpengalaman terkait publikasi internasional. Pengalaman para dosen tersebut sangat membantu bagi saya untuk menghasilkan artikel yang dipublikasi pada Jurnal Internasional. Terbukti saya telah menghasilkan 5 (lima) artikel sebagai penulis pertama (first author) dibawah bimbingan promotor dan co-promotor yang telah dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks scopus dalam kurun waktu 3 tahun.

Kurikulum di Departemen Kimia ini juga telah disusun dengan cukup baik dan professional sehingga mendukung mahasiswa untuk dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu. Terbukti bahwa saya dan teman saya selaku mahasiswa pendatang dapat menyelesaikan pendidikan S3 tepat 3 tahun.

Seluruh Civitas Akademika Jurusan Kimia mengucapkan selamat dan Sukses kepada Prof. Dr. Mai Efdi, atas pencapaiannya untuk meraih gelar Profesor dan memenuhi syarat sebagai Guru Besar di bidang Kimia Organik.

Bapak Prof. Dr. Mai Efdi saat ini juga menjabat selaku Ketua Jurusan Kimia FMIPA Unand, dan dengan bertambahnya satu orang profesor kimia maka saat ini Jurusan Kimia Fakultas MIPA Unand telah memiliki memiliki 15 orang Guru Besar dari lima bidang kimia.

 

 

Prestasi membanggakan kembali diukir oleh tim Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas dengan meraih Juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional Carbon 4.0.  Prestasi akademik ini dipersembahkan oleh Rifno Gusfri Ramadhan, Riska Astin Fitria dan M. Fadli.

Lomba ini diikuti oleh tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Diawali dengan seleksi abstrak dan fullpaper dan diakhiri dengan presentasi 10 finalis secara luring pada Tanggal 11 Maret 2022. Pada lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi ini, tim UNAND berhasil menjadi jawara dengan mengajukan judul karya tulis “Analisis Teoritik Aktivitas Antioksidan Senyawa  Malvidin Sebagai Kandidat Obat”. Tim LKTI ini berhasil menyisihkan finalis dari UNAND, UB, UNDIP, UNNES, UNP, UNSRI, UNTAD, UNDIKSHA dan PEM Akamigas. Karya yang disampaikan di bawah bimbingan Imelda, M.Si ini dinilai relevan dan dapat diterapkan untuk mendukung Aktualisasi dan Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Riset dan Teknologi Pasca Covid-19 untuk Mewujudkan SDGs 2030.

Harapannya karya tulis ini dapat menjadi sumbangsih ide dan dapat menjadi pemicu mahasiswa-mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Andalas dalam mengikuti perlombaan-perlombaan tingkat nasional.