REVISI UJIAN YUDISIUM I (UKDK) Semester Genap Periode II TA 2019-2020 ONLINE (i Learning)

Pendaftaran: 20-25 Juni 2020
Ujian: 27 Juni 2020 (09.00-12.00 wib)
Waktu: 100 menit

Catatan:
1. Mohon kepada Mahasiswa untuk memastikan kelancaran jaringan internet sebelum ujian.
2. Tidak ada ujian ulangan atau susulan.
3. Soal ujian periode ini sama dengan periode sebelumnya (Februari 2020)
4. SOP dan tata cara pelaksanaan ujian ada di website jurusan.
5. Jika ada perubahan pelaksanaan ujian, akan diumumkan secepatnya.

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat 20 orang mahasiswa dari Jurusan Kimia FMIPA Unand untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sejumlah daerah di Sumbar, Riau, Batam, Sumut dan Sumsel. 

Menurut Imelda, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kegiatan difokuskan pada upaya yang mendukung penanggulangan virus corona secara daring melalui media sosial Whatsapp, Instagram dan Blogspot. Selain itu mahasiswa juga melakukan kegiatan lapangan dengan berpartisipasi aktif di daerah domisili masing-masing yang pelaksanaannya tentu saja sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

Program online yang telah dilaksanakan yaitu memberikan informasi melalui media sosial terkait virus corona dan edukasi pencegahan seperti sosial distancing, penggunakan masker serta solusi pencegahan dan pengobatan ditinjau dari segi kesehatan maupun agama. Kegiatan yang juga dilakukan secara daring adalah pembuatan video praktikum kimia sederhana menggunakan bahan-bahan disekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi pembelajaran online terutama untuk anak Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Sedangkan untuk kegiatan lapangan mahasiswa berpartisipasi sebagai relawan di stand pengawasan arus lalu lintas di perbatasan melalui pemeriksaan suhu tubuh, memastikan pengendara menggunakan masker dan penyemprotan disinfektan kepada kendaraan. Mahasiswa juga ikut membantu di puskesmas dengan membuat surat pengiriman spesimen PCR COVID ke laboratorium UNAND dan merekap data hasil PCR untuk wilayah kota Padang. Sementara di kelurahan dan nagari kegiatan yang dilakukan adalah membantu aparat nagari/kelurahan dalam mendata masyarakat penerima bantuan dan kemudian ikut membantu mendistribusikan uang, sembako dan masker kepada masyarakat. 

Program yang juga dilakukan adalah penggalangan dana melalui media sosial. Dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak. Mahasiswa juga membuat pamflet terkait protokol kesehatan COVID-19 dan membagikan ke masyarakat sekitar. 

Melalui kerjasama dengan mahasiswa jurusan biologi dan matematika dilakukan kegiatan pembuatan desinfektan yang disumbangkan ke mesjid atau mushalla didaerah zona hijau kasus COVID-19 yang masih melaksanakan kegiatan ibadah sholat berjamaah.