Admin Kimia

Admin Kimia

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
07 Maret 2019
Selamat kepada Siti Rukmana (1610411016) dan Delfitra Ahmad (1710412010) yang telah berhasil meraih JUARA 1 dalam kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Gebyar Kimia 2019 Kimia Karbon Se-Sumatera dengan Tema: Meningkatkan Kreatifitas Generasi Millenium dalam Menciptakan Prosuk Lokal Berbasis Kimia sebagai Pengembangan IPTEK.
Makalah yang dipresentasikan berjudul "Green Chemistry Superkapasitor Penyimpan Energi Muatan Tinggi Berbahan Dasar Karbon Aktif dari Limbah Kulit Kacang Goreng Simabue" dibawah bimbingan Ibu Olly Norita Tetra, M.Si. Semoga prestasi ini bisa meningkatkan kualitas mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas.
 
11 Maret 2019

gifu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepada Sarjana Kimia FMIPA Universitas Andalas yang berminat meneruskan pendidikan tingkat Master (S2) di Gifu University Jepang. Silahkan mendaftar melalui Program Advanced Global Program (AGP-Master) for 2019 Autumn Admission. Syarat sebagai berikut:

  1. Lulusan Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas
  2. IPK > 3.00 (rentang 1,00-4,00)
  3. English proficiency (TOEFL, IELTS, TOEIC) Level B2/setara dengan TOEFL min 543

Semua berkas sudah diterima oleh panitia (Ketua/Sekretaris) di Jurusan Kimia paling lambat hari Jumat (15 Maret 2019).

20 Februari 2019

Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) telah mengadakan acara "Talk Show Inspiratif" bersama Alumni Kimia Angkatan 2013 yaitu Panji Pribadi, S.Si pada hari Senin, 18 Februari 2019. Acara ini bertema " Rencanakan Hari Ini, Lakukan Hari Esok, Nikmati Kemudian Hari" dan dihadiri oleh ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan beserta dosen kimia, alumni dan mahasiswa kimia maupun mahasiswa dari jurusan lainnya.

Esensi dari acara ini adalah memberikan informasi mengenai dunia kerja dan membangkitkan motivasi mahasiswa mengenai persiapan yang harus disusun dalam mencari pekerjaan dan meniti karir setelah lulus wisuda nantinya. Acara ini turut dimeriahkan dengan adanya pemberian door prize berupa tiket pp Padang-Kuala Lumpur (disponsori oleh Panji Pribadi) dan voucher makan dari beberapa sponsor. 

17 Januari 2019

Kimia Fisika adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, sub-atom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika. Kimia fisik banyak menggunakan konsep-konsep dan prinsip fisika klasik (seperti energi, entropi, suhu, tekanan, tegangan permukaan, viskositas, hukum Coulomb, interaksi dipol), mekanika kuantum (seperti foton, bilangan kuantum, spin, kebolehjadian, prinsip ketakpastian), maupun mekanika statistik (seperti fungsi partisi, distribusi Boltzmann). Bidang kajian penting dari kimia fisika ini meliputi antara lain, termodinamika kimia, kinetika kimia, kimia kuantum, elektrokimia, fotokimia, kimia permukaan dan koloid, dan spektroskopi. Kajian ini penting untuk menunjang pengembangan material modern, sumber energi, metode analisa dan karakterisasi material, pengelohan lingkungan, dan kajian teoritis terhadap berbagai sifat dan proses kimia serta desain senyawa baru.

Dosen Bidang Kimia Fisika :

  1. Prof. Emriadi
  2. Dr. Yeni Stiadi
  3. Refinel, MS.
  4. Olly Norita Tetra, M.Si
  5. Imelda, M.Si
  6. Dr. Tio Putra Wendari