Admin Kimia

Admin Kimia

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
13 Desember 2022

 

UKDK Semester Ganjil Periode II TA 2022-2023 Offline di Lab Komputer Departemen Kimia  

Web https://sci.ilearn.unand.ac.id/
Enrollment UKDK II Luring Semester Ganjil TA 2022/2023
Batas Enrollment 13-15 Desember 2022 pukul 23.30 WIB
Ujian Sabtu / 17 November 2022 (08.00 WIB)
Waktu 100 menit

Catatan:

    1. Mohon kepada Mahasiswa untuk memastikan kelancaran jaringan internet sebelum ujian.
    2. Tidak ada ujian ulangan atau susulan.
    3. SOP dan tata cara pelaksanaan ujian ada di website jurusan (mohon dibaca dan dipahami)
    4. Jika ada perubahan pelaksanaan ujian, akan diumumkan secepatnya melalui website dan telegram jurusan kimia.

Note: HARUS INPUT NIM di I-Learn UKDK jika tidak maka ujian batal.

 

     

12 Desember 2022

SEJARAH

Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Andalas atau yang biasa disebut HIMKA UNAND, merupakan suatu organisasi yang beranggotakan mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Andalas, Padang. Organisasi ini pertama kalinya dibentuk dengan landasan kekeluargaan diantara mahasiswa kimia pada tanggal 8 April 1967 dengan ketua pertama Bapak Prof.Dr. Hazli Nurdin, M.Sc.

Organisasi ini awalnya terdiri dari 7 bidang, yaitu :

  •     Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM)
  •     Bidang kajian akademik
  •     Bidang minat bakat
  •     Bidang dana dan usaha
  •     Bidang kerohanian
  •     Bidang kestari
  •     Bidang infokom

Organisasi ini sekarang terdiri dari 8 Divisi, yaitu:

  1. Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)
  2. Divisi KAJAK (Kajian Akademik)
  3. Divisi SOSIAL
  4. Divisi INFO
  5. Divisi HAJAR (Hubungan dan Jaringan)
  6. Divisi DANUS (Dana dan Usaha)
  7. Divisi KEROHANIAN
  8. Divisi KESTARI

 

Pada akhir bulan Desember 2021 diadakan Musyawarah Mahasiswa Kimia (MMK) yang mana hasil dari MMK tersebut adalah terpilihnya Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia periode 2022 yaitu Tommy Hermansyah (Kimia 2019) dengan Visi dan Misi sebagai berikut:

Visi : “Mewujudkan Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas yang Solid (Solutif, Inovatif, dan Dedikatif) dalam Harmonisasi” 

Misi :

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa kimia dalam bidang akademik maupun non-akademik
  2. Mempererat silaturahmi baik internal maupun eksternal agar terciptanya keharmonisan
  3. Mengoptimalkan program kerja yang bermanfaat bagi mahasiswa kimia dan masyarakat dengan inovatif
  4. Tanggap serta solutif dalam berbagai isu dan permasalahan yang ada dilingkungan Himka FMIPA Unand

 

KEGIATAN HIMKA

 

PELANTIKAN DAN RAKER

Pelantikan pengurus dan Dewan Pengawas Pengurus (DPP) Himka Tahun 2022 dilaksanakan secara online via zoom clouds meeting pada Sabtu, 12 Februari 2022, jam 10:00 WIB. Sedangkan untuk Rapat Kerja Pengurus Himka Tahun 2022 dilaksanakan secara offline pada Minggu 20 Februari 2022 jam 09:00 di gedung C.1.14.

   

UPGRADING

Upgrading anggota Himka UNAND dilaksanakan Minggu, 6 Maret 2022 secara offline di Universitas Andalas

 

 

P3HIMKA

P3HIMKA (Pengenalan, Pelatihan, dan Pengaderan) pertama dilakukan pada Sabtu, 12 Maret 2022 di Gedung C1.13 dan P3HIMKA yang kedua dilaksanakan pada Sabtu, 8 oktober 2022 di Gedung I.1.2

 

 


Klem

Kunjungan Lembaga Himka FMIPA UNAND merupakan kegiatan kunjungan ke lembaga lemaga yang ada didalam dan diluar Universitas Andalas. Klem dilakukan dengan dengan HMJ Kimia UNP dilaksanakan pada Minggu, 20 maret 2022, Jam 13:30 WIB, di Gedung I. 1.1. Klem yang kedua dilaksanakan dengan BEM FMIPA UNAND di sekre Himka pada anggal 16 Mei 2022. Klem yang ketiga dilaksanakan secara online pada tanggal 8 oktober 2022 dengan Himaki UNSRI

    

 
 
ANJANGSANA

Anjangsana merupakan salah satu acara bersilaturahmi, berbagi motivasi ,informasi dan bantuan kepada anak-anak yatim piatu. Acara ini diadakan di Panti Asuhan Ulul Azmi pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 dengan tema “Tebakan kepedulian ciptakan kebersamaan”.

  

 

 

HPLC (PELATIHAN SOFTWARE)
HPLC (Himka Pelatihan Club) Pelatihan software dimana software yang akan ditutorkan adalah chemdraw dan mendeley dengan pemateri Emil Salim, M.Sc, M.Si (Pemateri Chemdraw) dan Dr.Tio Putra Wendari (Pemateri mendeley) yang dilaksanakan 22 mei 2022.

 

 

LOMBA KIMIA XXVI

Lomba kimia merupakan acara terbesar Himka Fmipa Unand yang telah dilaksanakan sebanyak 26 kali. Lomba kimia ke 26 ini dilaksanakan pada tanggal 21 september - 23 septemeber 2022


 
 
 

 

 

HIMKA LESSON DAY

Himka Lesson Day (HLD) merupakan kegiatan yang diadakan oleh divisi sosial dimana kegiatan ini merupakan kegiatan bermain bersama Sekolah Dasar di Padang. HLD pada kali ini diadakan di SD 019 Kepala Koto pada tanggal 26 oktober 2022.

 

 

 

SEMINAR KARIR X KEWIRAUSAHAAN

Webinar karir mahasiswa kimia FMIPA Unand dari divisi Hajar pada tahun ini berkolaborasi dengan divisi danus dengan Webinar Kewirausahaan mahasiswa kimia Fmipa Unand yang dilaksanakan Minggu, 12 Juni 2022  dan Sabtu, 19 November 2022 Via Zoom Meeting

 

CFC

CFC (CHEMISTRY FUTSAL COMPETETION) merupakan ajang kompetisi futsal yang diadakan PSDM untuk mahasiswa dan alumni kimia Universitas Andalas yang bertemakan “Menjalin kebersamaan dalam sportivitas” yang dilaksanakan di lapangan futsal Universitas Andalas pada tanggal 22-23 oktoberr 2022

 

 

 

UDA UNI Kimia

  

 

PRESTASI HIMKA

   

   

 

 

 

 

 

01 November 2022

UKDK Semester Ganjil Periode I TA 2022-2023 Offline di Lab Komputer Departemen Kimia  

Web https://sci.ilearn.unand.ac.id/
Enrollment UKDK I Luring Semester Ganjil TA 2022/2023
Batas Enrollment 01-03 November 2022 pukul 23.30 WIB
Ujian Minggu / 06 November 2022 (08.00 WIB)
Waktu 100 menit

Catatan:

    1. Mohon kepada Mahasiswa untuk memastikan kelancaran jaringan internet sebelum ujian.
    2. Tidak ada ujian ulangan atau susulan.
    3. SOP dan tata cara pelaksanaan ujian ada di website jurusan (mohon dibaca dan dipahami)
    4. Jika ada perubahan pelaksanaan ujian, akan diumumkan secepatnya melalui website dan telegram jurusan kimia.

Note: HARUS INPUT NIM di I-Learn UKDK jika tidak maka ujian batal.

25 Oktober 2022

Rabu, 19 Oktober 2022, telah dilaksanakan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) unsur-unsur pimpinan Departemen Kimia Fakultas MIPA UNAND. Acara yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, didampingi oleh Wakil Dekan I, Dr. Mahdivan Syafwan dan Wakil Dekan II, Prof. Dr. Syamsuardi, Koordinator dan Sub Koordinator Fakultas MIPA, dan Ketua Departemen di lingkungan Fakultas MIPA atau yang mewakili dan Tenaga Kependidikan.

Prof. Dr. Mai Efdi yang memangku jabatan Ketua Jurusan Kimia periode 2018 - 2022, melanjutkan masa kepemimpinannya sebagai Ketua Departemen Kimia untuk lima tahun berikutnya yaitu masa bakti 2022 - 2027. Dr. Yulia Eka Putri yang merupakan Sekretaris Jurusan Kimia periode 2018 - 2022 digantikan oleh Dr. Syukri dengan jabatan yang sekarang bernama Sekretaris Departemen untuk masa bakti 2022 - 2027. Jabatan Ketua Program Studi Sarjana yang sebelumnya dipegang oleh Dr. Syukri, diserahterimakan ke Dr.rer.nat. Syafrizayanti untuk masa bakti 2022 - 2027. Banyak prestasi membanggakan yang telah dicapai oleh kepemimpinan 2018 - 2022 dalam pengelolaan Departemen Kimia diantaranya mempertahankan  peringkat akreditasi A ketiga Program Studi (S1, S2 dan S3), peningkatan atmosfer akademik, penjaminan mutu, perbaikan sarana dan prasarana mulai fasilitas perkantoran, internet dan laboratorium. Hal terpenting lainnya adalah kepemimpinan Departemen Kimia 2018 - 2022 telah berusaha secara optimal untuk memperoleh peringkat akreditasi yang lebih tinggi yaitu akreditasi RSC (The Royal Society of Chemistry) dan saat ini sedang dalam posisi menunggu hasil keputusan lembaga internasional tersebut yang kemungkinan besar akan diperoleh pada Desember 2022. Berdasarkan proses asesmen yang telah dilakukan pada 27 September 2022, Departemen Kimia Fakultas MIPA UNAND mempunyai kans yang cukup besar untuk mendapatkan sertifikat akreditasi tersebut.

Dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas MIPA mengingatkan agar kepemimpinan baru Departemen Kimia mampu memberikan kinerja dan prestasi lebih baik lagi sehingga Departemen Kimia menjadi semakin berjaya khususnya dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi seraya memberipakan apresisiasi yang besar pula kepada kepemimpinan departemen sebelumnya. Lebih lanjut Dekan Fakultas MIPA mengingatkan bahwa kesediaan memangku amanah sebagai dosen dengan tugas tambahan tersebut membutuhkan kesabaran, keikhlasan dan pengorbanan yang besar sehingga dapat dijadikan sarana ibadah yang tinggi nilainya disisi Allah SWT asalkan dilaksanakan dengan penuh keihklasan. Sambutan dari Departemen Kimia diberikan oleh Ketua Program Studi Sarjana yang baru yaitu Dr.rer.nat. Syafrizayanti yang intinya menyampaikan tekad dan semangat yang tinggi dari seluruh pengelola departemen ini untuk melaksanakan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih baik lagi di masa mendatang.