Admin Kimia

Admin Kimia

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.

Pada                    : 19-20  Juni 2011

Tempat                : Korong Asam Pulau, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman

Dengan melibatkan 4 Jorong yaitu

    Jorong  Katimaha

    Jorong Kalamuntuang

    Jorong Balai Jamaik

    Jorong Cubadak

Pengabdian masyarakat ini  dihadiri sekitar 100 peserta, kegiatan dilaksanakan di Aula SD 18 Daerah

Jerong Katimaha, Korong Asam Pulau, kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

TOPIC :

  1. Penyuluhan Tentang Kebersihan Lingkungan Dan Pelatihan Pembuatan Kompos Dari Sampah
  2. Pembinaan Dan Pelatihan Tentang Penghijauan Dan Penanaman Pohon
  3. Penyuluhan Tentang Bahan Tambahan Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Serta Pelatihan pemakaian Zat Tambahan Makanan Alami,
  4. Pembinaan dan Pelatihan Tentang Penggunaan Tetelan Ikan Dalam Pembuatan Bakso Ikan Sebagai Pengganti Daging Sapi

Pada pengabdian ini juga diserahkan bibit pohon gaharu sekiatar 200  bibit melalui ketua pemuda/wali nagari daerah setempat

Sesuai dengan visi dan misi Universitas Andalas Padang, maka Jurusan Kimia, FMIPA Unand diharapkan dapat berperan serta dalam melakukan berbagai kegiatan nyata sebagai pengamalan ilmu yang telah dipelajari dan dikembangkannya untuk mengabdikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh beberapa staf dosen Jurusan Kimia ini merupakan kegiatan penerapan ilmu kimia yang telah dipraktekan di Laboratorium yaitu Bahaya Penggunaan Bahan Tambahan Makanan Terhadap Kesehatan dan Pembuatan Sirup dengan Pewarna Alami dari Ubi Jalar Ungu (warna merah, ungu dan biru). Kegiatan ini diadakan pada ibu-ibu rumah tangga, karang taruna, kelompok PKK dan para remaja putri di Desa Batu Hampar, Kec. Kayu Aro, Kerinci pada tanggal 27 dan 28 Desember 2013.

Melalui pelatihan dan penyuluhan ini diharapkan dapat memicu kreatifitas dan membuka peluang untuk meningkatkan kesehatan dan ekonomi keluarga melalui upaya wirausaha yang akan disampaikan pada pengabdian masyarakat.

Percobaan ini dirancang dengan menggunakan zat-zat kimia yang sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti asam asetat (cuka dapur), aseton (cairan pembersih cat kuku), logam alumunium (pembukus makanan alumunium foil), asam askorbat (vitamin C), dan kalsium karbonat (cangkang telur). Percobaan kimia juga bisa dilaksanakan dengan menggunakan peralatan yang juga sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti, gelas minum, termos air panas dan berbagi jenis wadah plastik. Dengan demikian, percobaan kimia bisa diselenggarakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan bisa dilaksanakan oleh para guru dan siswa di sekolah.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2015 di SMA Negeri 1 Sawahlunto.

24 Maret 2017

Jurusan kimia mengadakan Workshop Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada hari senin-selasa tanggal 20-21 Maret 2017 di Gedung Dekanat Fakultas MIPA. Workshop ini bertujuan untuk lebih memahami kuriulum berbasis KKNI sekaligus dapat menyusunnya, sehingga menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi. Sebagai narasumber pada workshop ini adalah Nurul Widiaastuti, M.Si, PhD (ITS Surabaya).