Admin Kimia

Admin Kimia

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
27 Oktober 2021

Guest Lecture Series Jurusan Kimia pada tahun 2021 ini dibuka dengan mendatangkan pembicara luar negeri yaitu Prof. Takao Mori dari National Institute for Materials Science Jepang yang juga Profesor di Universitas Tsukuba (Tsukuba University). Lecture yang diselenggarakan tanggal 27 Oktober 2021 dengan judul "Solid state conversion of waste heat to electricity: The thermoelectric material science challenge" telah menarik minat mahasiswa, dosen dan peneliti dari beberapa universitas di Indonesia dan lembaga penelitian.

Selain itu ikut bergabung juga universitas dari Universitas Malaya Malaysia dan Thermoelectric Society of Thermoelectric Malaysia. Jumlah peserta yang hadir pada lecture ini adalah 110 orang. Kegiatan berlangsung selama 2 jam dimana kuliah selama 1 jam dan diskusi/tanya jawab 1 jam berikutnya.

Jurusan Kimia berharap, dengan adanya kegiatan Guest Lecture ini, yang merupakan bagian dari Usulan kegiatan Hibah PKKM (Proposal Kompetisi Kampus Merdeka) mampu menghangatkan suasana belajar mahasiswa dikala masa pandemi ini. (YEP)

14 November 2021

 

 

Jurusan Kimia FMIPA UNAND baru saja menyelenggarakan WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN MINYAK ATSIRI yang diperuntukkan ke mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 14 November 2021 dari pukul 08.00 pagi sampai dengan 15.00 sore. Materi pembuatan minyak atsiri diberikan oleh Bapak Dasril, ST, MM yang merupakan seorang praktisi dan tenaga ahli di bidang usaha kecil dan menengah.

Adapun materi rinci dari workshop ini adalah:

  • Minyak atsiri dan teknik pemisahannya
  • Aspek hukum dan bisnis minyak atsiri
  • Branding promosi dan cara mendapatkan investor

Workshop ini merupakan salah satu agenda Hibah PKKM (Proposal Kompetisi Kampus Merdeka) yang telah disiapkan oleh Jurusan Kimia untuk memperkuat kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Kewirausahaan dan sekaligus membekali mahasiswa untuk mandiri dalam berusaha setelah lulus nantinya.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang mahasiswa, dan diutamakan untuk mahasiswa tahun akhir, dimana sebelumnya bagi mahasiswa yang berminat akan mendaftar terlebih dahulu. (YEP)

25 Oktober 2021

 

UKDK Semester Ganjil Periode II TA 2021-2022 ONLINE (I-Learn Versi 2)

Web https://fmipa.ilearn.unand.ac.id/
Enrollment I-Learn UKDK
Batas Enrollment 1-5 November 2021 pukul 20.00 WIB
Enrollment key UKDKII2021
Ujian Minggu / 07 November 2021 (09.00-12.00 WIB)
Waktu 100 menit
   

Catatan:

    1. Mohon kepada Mahasiswa untuk memastikan kelancaran jaringan internet sebelum ujian.
    2. Tidak ada ujian ulangan atau susulan.
    3. SOP dan tata cara pelaksanaan ujian ada di website jurusan (mohon dibaca dan dipahami)
    4. Jika ada perubahan pelaksanaan ujian, akan diumumkan secepatnya melalui website dan telegram jurusan kimia.

Note: HARUS INPUT NIM di I-Learn UKDK jika tidak maka ujian batal.

08 Oktober 2021

 

Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas melaksanakan kegiatan Workshop Pelatihan Dasar Kewirausahaan Untuk Start-Up yang diperuntukkan untuk mahasiswa, khususnya mahasiswa semester 5 dan 7, dan tidak lupa juga diikuti oleh dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan. Workshop dilakukan selama 3 hari berturut-turut (Jumat-Minggu tanggal 8-10 Oktober 2021 di Ruang Seminar Gedung E Universitas Andalas. 3 orang Pembicara pada kegiatan ini adalah Praktisi Profesional yaitu Rodi Afriniko, Wawan Julianto (Evan Breco) dan Hendra Novianto (Hendra Akoy). 

Kegiatan ini merupakan usulan dari kegiatan Hibah PKKM yang diperoleh oleh Jurusan Kimia. Adapun topik yang dibahas selama 3 hari adalah:

1.Mindset Profesi Pengusaha Bertumbuh
2.Fundamental Sustainable Bisnis
3.Eksekusi Rencana Bisnis dan Strategi untuk menumbuhkan Bisnis
4.Pengelolaan Permodalan dan Opsi Pendanaan Bisnis
5.Penyusunan Bisnis Plan dan Pitch Deck dan Presentasi Peserta

Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa memiliki bekal ilmu non akademik sehingga bisa berkontribusi dan berkiprah baik di dunia keilmuan maupun dunia usaha. (YEP)