Guest Lecture Dr. rer. nat Rino Rakhmata Mukti

01 November 2019
Di akhir bulan Oktober 2019 ini Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas mengadakan Kuliah Tamu (Guest Lecture) yang diberikan oleh Bapak Dr. rer. nat Rino Rakhmata Mukti, seorang dosen di Institut Teknologi bandung (ITB) dan juga merupakan seorang tim reviewer PMDSU. Kuliah dengan tema " Menuai Talenta Masa Depan Indonesia " ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Kimia prodi S1, S2 dan S3. Pada bagian awal kuliah, Bapak Rino menyampaikan peluang bagi mahasiswa Jurusan Kimia untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan salah satunya melalui program PMDSU (Pendidikan magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul).
 
Program ini sudah berjalan sampai BATCH V dan telah mengelola lebih dari 800 calon Doktor. Selain itu. bapak Rino juga memaparkan tentang penelitian yang sedang dilakukannya bersama mahasiswa dan rekan penelitian baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Riset yang beliau lakukan adalah zeolite yang banyak digunakan sebagai katalis terutama di bidang perminyakan.
 
Banyak peluang yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan zeolite karena negara kita Indonesia melimpah dengan material dasarya yaitu silika.Meskipun laboratorium belum memadai terutama untuk karakterisasi akan tetapi riset tetap bias berjalan dengan menjalin kerjasama dengan peneliti lain baik didalam maupun luar negeri. 
 
Read 638 times