Kuliah Tamu oleh Dr. Masteria Yunovilsa Putra

14 Januari 2020
Dr. Masteria Yunovilsa Putra adalah Alumni Kimia yang sudah berkiprah secara nasional dan internasional. Pada saat ini beliau bekerja di LIPI pusat penelitian oceanografi dan peneliannya fokus pada pengembangan obat-obat baru dari biota laut. Indonesia yang terdiri dari 70% lautan memiliki sumber daya alam berlimpah dan merupakan sumber kekayaan hayati dan non hayati yang bisa dimanfaatkan diberbagai bidang, khususnya dalam pengembangan obat baru.
 
Biota laut Indonesia terdiri dari ribuan jenis hewan dan tumbuhan dan merupakan kekayaan alam yang tak ternilai harganya. Hingga saat ini, peneliti Indonesia telah melakukan penelitian untuk menyingkap rahasia yang terkandung dalam biota laut dan produknya. Penelitian difokuskan untuk mencari  berbagai jenis senyawa bioaktif atau dikenal dengan metabolit skunder baru (novel compounds) yang tidak ditemukan pada biota darat dan memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara satu tumbuhan dengan tumbuhan lainnya.
 
Manusia telah memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan sebagai bahan baku obat sejak jaman purbakala, walaupun senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya tidak diketahui secara pasti. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, permintaan akan obat-obatan baru untuk menanggulangi berbagai jenis penyakit seperti kanker, diabetes, gula, SARS dan lain-lain.
 
Kegiatan kuliah tamu ini berlangsung sekitar dua jam termasuk sesi diskusi. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah tamu ini karena pemateri adalah alumni kimia, sehingga diskusi berlangsung dengan hangat dan suasana akademik terbangun. Pada akhir kegiatan, dilaksanakan poto bersama dengan seluruh peserta.
Read 373 times