SELAMAT DAN SUKSES UNTUK NURUL PRATIWI MERAIH HONORABLE MENTION KOMPETISI NASIONAL-MIPA 2021

05 Agustus 2021
 

Mahasiswa Kimia FMIPA UNAND, Nurul Pratiwi berhasil meraih predikat Honorable Mention pada perhelatan Final Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) 2021. Acara yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI berlangsung pada tanggal 27 – 30 Juli 2021 secara daring, sementara, pengumuman pemenang KN-MIPA dilakukan secara virtual oleh Puspresnas yang dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Riset Dikti Bapak Asep Sukmayadi.

Penghargaan ini merupakan prestasi pertama yang diraih oleh Jurusan Kimia yang sedari awal selalu konsisten mengutus mahasiswa untuk mengikuti kompetisi bergengsi ini. Atas prestasi membanggakan tersebut, Ketua Jurusan Kimia, Bapak Dr. Mai Efdi dan segenap Civitas Akademika Jurusan Kimia mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang diraih Nurul Pratiwi, dan tidak lupa juga mengucapkan rasa syukur atas capaian mahasiswa Jurusan Kimia tersebut. Semoga prestasi ini menjadi pemicu semangat bagi mahasiswa selanjutnya untuk tetap konsisten mengikuti kompetisi ini.

Dr. Mai Efdi juga menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh Tim KN-MIPA Jurusan Kimia, yang dikoordinasi oleh Dr. Diana Vanda Wellia beserta dosen pembina yaitu Dr. Yefrida, Dr. Upita Septiani, Dr. Syafrizayanti, Emil Salim, M.Si., M.Sc dan Imelda M.Si. yang sudah bekerja dengan ikhlas dan keras dalam mempersiapkan mahasiswa berlaga di KN-MIPA 2021.

KN-MIPA merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional jenjang pendidikan tinggi yang terdiri dari Fisika, Kimia, Matematika, dan Biologi, yang digelar oleh Puspresnas setiap tahunnya. Kompetisi KN-MIPA 2021 berawal dari seleksi pada tingkat perguruan tinggi kemudian dikurasi hingga tingkat wilayah provinsi dan berakhir di tingkat nasional. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi KN-MIPA tahun ini sebanyak 3.838 mahasiswa yang telah mendaftar dari 296 perguruan tinggi se-Indonesia. Seleksi awal peserta pada tingkat perguruan tinggi telah dilakukan pada Februari 2021. Dari hasil seleksi awal ini telah berhasil dijaring 65 peserta dari setiap bidangnya di setiap wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Selanjutnya diadakan final kompetisi di tingkat nasional pada 27 hingga 30 Juli 2021. Pada kompetisi ini dipilih  25 mahasiswa terbaik per bidang dengan perincian: 4 medali emas, 6 medali perak, 10 medali perunggu dan 5 honorable mention.[YEP]

Read 148 times