Sejarah Berdirinya Jurusan Kimia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas dibuka pada tanggal 7 September 1965 dibawah Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) Universitas Andalas yang telah berdiri semenjak tahun 1955 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 41007/Kab. tanggal 14 Juli 1955. Pada tahun 1983, FIPIA berubah nama menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Pada periode awal berdiri Jurusan Kimia (1968-1970), Ketua Jurusan dijabat oleh Nazir St. Mudo dengan sekretaris Ir. Asnida Kusrim. Jurusan Kimia FIPIA Universitas berhasil meluluskan sarjana pertamanya pada tanggal 23 Agustus 1972 dan sampai saat ini (TA 2014-2015) jumlah lulusan mencapai 2382 orang yang bekerja di berbagai instansi pemerintahan maupun swasta, seperti Lembaga Penelitian, Perguruan tinggi, industri, wiraswasta dan lain sebagainya.

Program Studi Pascasarjana Kimia menyelengarakan program master (S2) semenjak tahun 1994 sedangkan untuk tingkat doktor (S3) dibuka pada tahun 2006, dimana pengelolaannya berada dibawah Program Pascasarjana Universitas Andalas. Mulai tahun 2013, Program Pascasarjana dikelola langsung dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas.

Untuk menghasilkan alumni yang berkualitas maka Jurusan kimia selalu memotivasi tenaga pengajar untuk melanjutkan pendidikannya, sehingga sampai saat ini dari 50 orang dosen, 13 diantaranya bergelar professor, 17 orang bergelar doktor, 18 orang bergelar master dan 2 orang bergelar sarjana.

Jurusan Kimia memiliki laboratorium yang berfungsi untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan penelitian. Laboratorium ini terdiri dari 5 laboratorium pendidikan yang befungsi untuk pelaksanaan praktikum, 7 laboratorium penelitian untuk tugas akhir, 1 laboratorium pengukuran dan 1 laboratorium Jasa Analisis Pengelolaan laboratorium ini dibantu oleh analis yang berjumlah 5 orang.

Dalam melaksanakan proses pendidikan dan penelitian, Jurusan kimia melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik. Upaya pelaksanaan kerjasama dalam bentuk kemitraan telah dilaksanakan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri. Kerjasama dengan institusi dalam negeri antara lain dengan PT. Semen Padang, BATAN, BPPT, Pertamina dan LIPI. Untuk kerjasama luar negeri telah dilakukan dengan Gifu University, Okayama University, Shinsu University, Deakin University dan Kanazawa University. Kerjasama tersebut dilakukan dalam bentuk kerjasama penelitian dan pertukaran mahasiswa. Selain itu, untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian, Jurusan Kimia menerbitkan Jurnal Riset Kimia ber-ISBN.

Read 489 times