Jumat, 20 Juli 2018 10:15

Program Doktor

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Program Studi S3 Ilmu Kimia FMIPA Universitas Andalas yang telah berdiri sejak tahun 2009 sampai tahun 2022 telah menghasilkan lebih dari 80 orang Doktor ilmu kimia dimana sebagian besar bekerja sebagai dosen dan beberapa orang diantaranya berprofesi sebagai peneliti. Lulusan Program Studi S3 Ilmu Kimia sangat produktif dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi sehingga sudah banyak yang meraih gelar Guru Besar dan secara aktif dan konsisten mengikuti berbagai pertemuan ilmiah disamping juga telah berhasil mempublikasikan artikel-artikel ilmiah mereka pada berbagai jurnal bereputasi nasional maupun internasional.


Program Studi S3 Ilmu Kimia FMIPA Universitas Andalas meiliki 27 orang dosen dengan latar belakang pendidikan S3 Kimia dari berbagai negara (Indonesia, Jepang, Belgia, Jerman, Perancis, Malaysia, dan Singapura) dimana 15 orang diantaranya telah bergelar Guru Besar. Dari seluruh staf dosen tersebut, 22 orang diantaranya bisa menjadi Promotor dan Co-Promotor sedangkan 5 orang lainnya bisa menjadi Co-Promotor. Dalam rangka menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian, Program Studi S3 Ilmu Kimia telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai seperti Pustaka Pusat, Ruang Baca, Laboratorium dengan fasilitas internet.


Program Studi S3 Kimia FMIPA Universitas Andalas mempunyai Visi “Menjadikan Program Studi S3 Ilmu Kimia FMIPA UNAND sebagai pusat pendidikan tinggi yang unggul dan kompetitif dalam konsep dan penerapan ilmu kimia berbasis kekayaan alam hayati dan non-hayati ditingkat Asia pada tahun 2023”. Adapun tujuan lembaga ini adalah “Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik tinggi dan mampu mengelola penelitian untuk berkompetisi secara nasional dan mendapat pengakuan pada tingkat ASEAN, meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian dasar dan terapan dalam mengkaji dan mengembangkan potensi sumberdaya alam tropis untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan, meningkatkan implementasi hasil penelitian dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat, dan memperluas jaringan kerjasama kegiatan tridharma perguruan tinggi yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pemerintah dan swasta.

 

AKTIVITAS DOSEN DALAM BERBAGAI PENELITIAN

AKTIVITAS DOSEN DALAM PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

 

 

KETUA PROGRAM STUDI

Prof. Dr. Rahmayeni

 

Read 7540 times