Admin Kimia

Admin Kimia

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
28 November 2018

Visi Program Studi Magister S2 Kimia

Menjadikan Program Studi Magister Kimia FMIPA Unand sebagai pusat pendidikan tinggi yang unggul dan kompetitif dalam konsep dan penerapan ilmu kimia berbasis kekayaan alam hayati dan non hayati pada ASEAN pada tahun 2028.

Misi Program Studi Magister S2 Kimia

  1. Mengembangkan pendidikan bidang kimia secara terstruktur dengan kurikulum yang terstandar.
  2. Melaksanakan penelitian dengan fokus meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam tropis.
  3. Menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian secara lokal, nasional, dan internasional.
  4. Meningkatkan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional, dan internasional
  5. Penerapan hasil-hasil penelitian tepat guna dalam bentuk pengabdian pada masyarakat.

Profil Lulusan Studi Magister S2 Kimia

  1. Akademisi
  2. Peneliti
  3. Wirausahawan

Tujuan Program Studi Magister S2 Kimia

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan yang kuat dalam penguasaan ilmu kimia, berperan aktif dalam kerjasama dan penelitian dan kompetitif ditingkat nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan produktifitas dan penelitian dasar dan terapan dalam mengkaji dan mengembangkan potensi sumber daya alam tropis untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Meningkatkan impelementasi hasil penelitian dalam rangka transformasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat.
  4. Memperluas jaringan kerjasama kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga pemerintah/swasta.
28 November 2018

Visi program studi Sarjana S1 Kimia

Menjadikan Program Studi sarjana Kimia FMIPA Unand sebagai pusat pendidikan tinggi yang unggul dan kompetitif dalam konsep dan penerapan ilmu kimia berbasis kekayaan alam hayati dan non hayati di tingkat Asia pada tahun 2028

Misi program studi Sarjana S1 Kimia

  1. Menjalankan proses pendidikan dan pengajaran kimia yang berkualitas, efektif, efisien, dan berkarakter serta berkesinambungan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam mengkaji dan mengembangkan Sumber Daya Alam (kekayaaan alam hayati dan non hayati) serta publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional dan menerapkan konsep-konsep kimia sebagai bentuk pengabdian.
  3. Meningkatkan kualitas tata kelola Departemen yang baik, unggul, serta mampu beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan lingkungan strategis.
  4. Meningkatkan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional, dan internasional.

Profil Lulusan Kimia

  1. Pendidik; Dosen dan Guru
  2. Peneliti; Meneliti Sumber Daya Alam Hayati dan Non Hayati
  3. Praktisi Kimia; Pelaku Dunia Industri
  4. Wirausahawan; Pelaku Dunia Usaha

Tujuan program studi Sarjana S1 Kimia

  1. Menghasilkan lulusan kimia yang berdaya saing global, mempunyai spirit kewirausahaan dan berkarakter.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi yang berkualitas.
  3. Meningkatkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka transformasi konsep-konsep kimia, hasil penelitian, dan bahan ajar.
  4. Mewujudkan pengelolaan Departemen Kimia yang profesional yang berbasis budaya ilmiah.
  5. Meningkatkan mutu pelayanan Departemen Kimia melalui penyediaan fasilitas, sarana dan prasaranaserta mewujudkan suasana akademik yang kondusif.
  6. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama Departemen Kimia dengan berbagai lembaga pemerintah dan swasta dalam dan luar negeri.
  7. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama yang produktif dalam upaya pencapaian visi dan misi yang ditetapkan.

 

26 November 2018

Praktikum kimia sederhana menggunakan bahan-bahan disekitar kita merupakan topik utama pengabdian kepada masyarakat di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas. Pada tanggal 17 November 2018, tim PKM Jurusan Kimia melakukan kegiatan pengabdian ke SMAN 5 Padang dengan mengangkat topik praktikum elektrokimia dan indikator alam asam basa. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas XI jurusan IPA sebanyak 5 3 kelas dan ditemani oleh guru pengampu mata pelajaran kimia. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu menjadi penyemangat siswa dalam memahami ilmu kimia secara khusus dan ilmu yang terkait secara umum. Bagi Jurusan Kimia, kegiatan ini merupakan salah satu ajang promosi sehingga banyak diminati oleh siswa pada saat ujian masuk perguruan tinggi nasional.

26 November 2018

Hasil gambar untuk unand 

Audit Mutu Internal (AMI) untuk program S1 Jurusan Kimia 2018 telah dilaksanakan pada hari Jumat tangal 16 November 2018. TIM Audit adalah dr. Erly, SpMK dari Fakultas Kedokteran dan Roni Ekha Putra S.IP, M.PA dari Fakultas. Tim dari Jurusan Kimia terdiri dari Sekretaris Jurusan Kimia (Dr. Eng. Yulia Eka Putri), Ketua Prosi S1 (Dr.rer.nat. Syukri), Tim GKM yaitu ketua tim, Dr.rer.nat. Syafrizayanti, anggota tim yaitu Dr. Diana Vanda Wellia dan Emil Salaim, M.Si. Hasil audit AMI menjadi landasan bagi Jurusan Kimia untuk membenahi berbagai unsur yang belum memenuhi target sesuai yang telah direncanakan.