Workshop Penyusunan Buku Ajar 2021

09 Desember 2021

Buku merupakan jendala ilmu pengetahuan bagi seseorang, terlebih lagi bagi mereka yang berkarir di bidang akademik seperti dosen.  Meskipun buku adalah sumber bacaan skunder, namun sering kali digunakan sebagai acuan utama dalam menyiapkan bahan ajar bagi mahasiswa. Buku Ajar merupakan salah satu bahan ajar yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, buku ajar merupakan jembatan awal bagi mahasiswa dalam memahami buku teks yang sering kali ditemui berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini tentu menjadi hambatan dalam prose mencari ilmu bagi mahasiswa sehingga transfer knowledge mengalami keterlambatan. Untuk mengatasi hal tersebut maka Jurusan Kimia mendorong dosen untuk menerbitkan buku ajar bagi mahasiswa sehingga mahasiswa menjadi lebih paham dengan ilmu yang diterima. Untuk membekali dosen dalam menulis dan menyusun buku ajar, maka Jurusan Kimia menyelenggarakan Workshop Penyusunan Buku Ajar yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 Desember 2021 di Aula Gedung F Universitas Andalas. Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak M. Fuadin dan Ibu Yayat Sri Wahyuni dari Percetakan PT Raja Grafindo Persada dan Ibu Prof. Is Fatimah dari Universitas Islam Indonesia Yokyakarta.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah:
1. Proses penerbitan buku ajar dan referensi di Percetakan Nasional
2. Pengantar survey awal peserta training kuliah tentang perlunya buku ajar dan buku teks untuk dosen dan pemutakhiran buku ajar
3. Kuliah tentang model pengembangan buku ajar dan buku teks dengan model ADDIE
4. Kuliah dan praktik tentang menentukan tema dan segmentasi buku ajar dan buku teks
5. Kuliah dan praktik tentang referensi yang berkaitan dengan buku yang akan ditulis
6. Tata Bahasa ilmiah dan ilustrasi dalam buku
7. Coaching klinik: Evaluasi pilot project 1 bab buku ajar atau buku teks

Jurusan kimia melalui Hibah PKKM berharap agar kegiatan ini mampu mengupgrade kemampuan dosen dalam menyiapkan buku ajar, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih optimal. Selain itu, melalui penulisan buku ajar, maka bisa juga dikembangkan menjadi buku teks yang bisa dibaca oleh mahasiswa se Indonesia. (YEP)

Read 220 times