Serah Terima Jabatan Pimpinan Departemen Kimia

25 Oktober 2022

Rabu, 19 Oktober 2022, telah dilaksanakan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) unsur-unsur pimpinan Departemen Kimia Fakultas MIPA UNAND. Acara yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas MIPA, Prof. Dr. Syukri Arief, didampingi oleh Wakil Dekan I, Dr. Mahdivan Syafwan dan Wakil Dekan II, Prof. Dr. Syamsuardi, Koordinator dan Sub Koordinator Fakultas MIPA, dan Ketua Departemen di lingkungan Fakultas MIPA atau yang mewakili dan Tenaga Kependidikan.

Prof. Dr. Mai Efdi yang memangku jabatan Ketua Jurusan Kimia periode 2018 - 2022, melanjutkan masa kepemimpinannya sebagai Ketua Departemen Kimia untuk lima tahun berikutnya yaitu masa bakti 2022 - 2027. Dr. Yulia Eka Putri yang merupakan Sekretaris Jurusan Kimia periode 2018 - 2022 digantikan oleh Dr. Syukri dengan jabatan yang sekarang bernama Sekretaris Departemen untuk masa bakti 2022 - 2027. Jabatan Ketua Program Studi Sarjana yang sebelumnya dipegang oleh Dr. Syukri, diserahterimakan ke Dr.rer.nat. Syafrizayanti untuk masa bakti 2022 - 2027. Banyak prestasi membanggakan yang telah dicapai oleh kepemimpinan 2018 - 2022 dalam pengelolaan Departemen Kimia diantaranya mempertahankan  peringkat akreditasi A ketiga Program Studi (S1, S2 dan S3), peningkatan atmosfer akademik, penjaminan mutu, perbaikan sarana dan prasarana mulai fasilitas perkantoran, internet dan laboratorium. Hal terpenting lainnya adalah kepemimpinan Departemen Kimia 2018 - 2022 telah berusaha secara optimal untuk memperoleh peringkat akreditasi yang lebih tinggi yaitu akreditasi RSC (The Royal Society of Chemistry) dan saat ini sedang dalam posisi menunggu hasil keputusan lembaga internasional tersebut yang kemungkinan besar akan diperoleh pada Desember 2022. Berdasarkan proses asesmen yang telah dilakukan pada 27 September 2022, Departemen Kimia Fakultas MIPA UNAND mempunyai kans yang cukup besar untuk mendapatkan sertifikat akreditasi tersebut.

Dalam kata sambutannya, Dekan Fakultas MIPA mengingatkan agar kepemimpinan baru Departemen Kimia mampu memberikan kinerja dan prestasi lebih baik lagi sehingga Departemen Kimia menjadi semakin berjaya khususnya dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi seraya memberipakan apresisiasi yang besar pula kepada kepemimpinan departemen sebelumnya. Lebih lanjut Dekan Fakultas MIPA mengingatkan bahwa kesediaan memangku amanah sebagai dosen dengan tugas tambahan tersebut membutuhkan kesabaran, keikhlasan dan pengorbanan yang besar sehingga dapat dijadikan sarana ibadah yang tinggi nilainya disisi Allah SWT asalkan dilaksanakan dengan penuh keihklasan. Sambutan dari Departemen Kimia diberikan oleh Ketua Program Studi Sarjana yang baru yaitu Dr.rer.nat. Syafrizayanti yang intinya menyampaikan tekad dan semangat yang tinggi dari seluruh pengelola departemen ini untuk melaksanakan proses Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Read 306 times