Kamis, 17 Januari 2019 13:35

Kimia Fisika

Written by

Kimia Fisika adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, sub-atom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika. Kimia fisik banyak menggunakan konsep-konsep dan prinsip fisika klasik (seperti energi, entropi, suhu, tekanan, tegangan permukaan, viskositas, hukum Coulomb, interaksi dipol), mekanika kuantum (seperti foton, bilangan kuantum, spin, kebolehjadian, prinsip ketakpastian), maupun mekanika statistik (seperti fungsi partisi, distribusi Boltzmann). Bidang kajian penting dari kimia fisika ini meliputi antara lain, termodinamika kimia, kinetika kimia, kimia kuantum, elektrokimia, fotokimia, kimia permukaan dan koloid, dan spektroskopi. Kajian ini penting untuk menunjang pengembangan material modern, sumber energi, metode analisa dan karakterisasi material, pengelohan lingkungan, dan kajian teoritis terhadap berbagai sifat dan proses kimia serta desain senyawa baru.

Dosen Bidang Kimia Fisika;

  1. Prof. Hermansyah Aziz
  2. Prof. Emriadi
  3. Yeni Stiadi, MS
  4. Refinel, MS.
  5. Olly Norita Tetra, M.Si
  6. Imelda, M.Si
Selasa, 09 Oktober 2018 13:11

Akreditasi S3

Written by
Selasa, 09 Oktober 2018 13:09

Akreditasi S2

Written by
Selasa, 09 Oktober 2018 13:04

Akreditasi S1

Written by
Kamis, 09 Maret 2017 09:17

Kimia Analitik

Written by

Kima Analitik merupakan suatu studi yag mempelajari tentang teori-teori analisis suatu zat atau komponen serta metoda metoda dalam analisis.Dimana pada dasarnya analisis dapat dilakukan secara kwalitatif dan kwatitatif. Metoda analisis dilakukan secara konvensinal dan fisiko kimia atau secara instrumental. Yang termasuk kepada cara konvensinal adalah metoda titrasi dan gravimerti.Metoda titrasi terdiri dari titras asam basa, argentometri,kompeksometri, titrasi oksidasi dan reduksi.  Metoda instrumental adalah suatu metoda modifikasi dari metoda konvensional yang dipengaruhi dengan adanya listrik. Yang temasuk kepada metoda instrumental adalah Spektrometri serapan atom, spektrofotometri,Khromatografi, konduktometri, potensiometri, Flame fotometri, metoda termal dan lain2.Selain itu kimia analitik juga mempelajari tentang analisis lingkungan  dan cara2 pemisahan.

Dosen Bidang Kimia Analitik :

  1. Prof. Rahmiana Zein.
  2. Prof. Safni
  3. Dr. Refilda
  4. Dr. Zilfa
  5. Dr. Deswati
  6. Dr. Eng. Matlal Fajri ALif
  7. Indrawati, MS
  8. Yulizar Yusuf, MS
  9. Yefrida, M.Si
Rabu, 08 Maret 2017 14:56

Kimia Anorganik

Written by

Kimia Anorganik adalah studi tentang sifat-sifat, struktur, sintesis dan reaksi senyawa dari unsur-unsur yang ada pada tabel periodik. Bidang ini mencakup semua senyawa kimia kecuali senyawa organik berbasis karbon yang biasanya mengandung ikatan C-H. Ketika mempelajari senyawa anorganik, kita sering menemukan bagian-bagian dari bidang ilmu lain seperti kimia organik, kimia fisika, biokimia dan kimia analitik. Sebagai contoh, pembahasan yang terkait dengan kimia organik adalah senyawa organologam yang merupakan perpaduan unsur logam anorganik dengan senyawa organik. Bidang ilmu ini membahas mengenai 1) kimia koordinasi yang berfokus pada senyawa kompleks dengan ion pusat logam transisi, 2) senyawa bioanorganik yang memiliki peran dalam metabolisme sistem hidup dan 3) senyawa zat padat dengan mempelajari struktur kristal dan sifat-sifat khusus yang dimilikinya. Dilihat dari segi aplikasinya maka kimia anorganik memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan ilmu material yang membahas tentang material logam, keramik, polimer dan komposit. Material ini bisa diaplikasi pada nanoteknologi sebagai bahan perangkat sensor, pembangkit listrik (fuel cell, sel surya, termoelektrik), penyimpan data, katalis dan pengganti tulang.

Dosen Bidang Kimia Anorganik;

  1. Prof. Novesar Jamarun
  2. Prof. Syukri Arif
  3. Prof. Yetria Rilda
  4. Dr. Rahmayeni
  5. Dr. Upita Septiani
  6. Dr. Zulhadjri.
  7. Dr. rer. Nat Syukri.
  8. Dr. Eng. Yulia Eka Putri.
  9. Dr. Diana Vanda Wellia
  10. Admi, M.Si.
Rabu, 08 Maret 2017 14:31

Biokimia

Written by

Biokimia adalah bidang ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang struktur, fungsi dan interaksi biomolekul yang menyusun sel, mekanisme reaksi katalisis enzim, energetika dan reaksi-reaksi metabolisme sel, proses sinyal transduksi yang terkait dengan fungsi biologis dan fisiologis sel pada tingkat molekuler dan  informasi genetik. Bidang ilmu ini juga didukung dengan penguatan pemahaman teknik isolasi biomolekul dari berbagai sumber daya alam hayati, pemurnian, karakterisasi biomolekul yang mendukung pemanfaatan dan pengembangan sumber daya alam hayati menjadi produk bioteknologi. Penelitian pada bidang Biokimia  ini mencakup isolasi mikroalga sebagai sumber makanan funsional, senyawa obat dan bahan baku biofuel, isolasi, karakterisasi dan bioproses enzim-enzim yang bekerja pada karbohidrat seperti keluarga amilase, selulase, dan kitinase, studi isolat bakteri asam laktat dari virgin cocunut oil (VCO), studi target dan mekanisme kerja bioaktifitas senyawa bahan alam serta penentuan biomarker khusus untuk pasien kanker payudara Indonesia.

Dosen Bidang Biokimia;

  1. Prof. Abdi Dharma
  2. Prof. Sumaryati Syukur
  3. Prof. Zulkarnain Chaidir
  4. Dr. Armaini
  5. Dr. rer.nat. Syafrizayanti.
  6. Marniati Salim, MS
  7. Elida Mardiah, MS
Rabu, 08 Maret 2017 12:16

Kimia Organik

Written by

Kimia Organik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang struktur, sifat-sifat, perubahan, komposisi, reaksi dan sintesis senyawa yang mengandung atom karbon tidak hanya senyawa hidrokarbon, tetapi juga senyawa yang mengandung unsur lain, seperti hidrogen, nitrogen, oksigen, halogen fosfor, silikon dan sulfur. Bidang ini pada dasarnya tidak hanya terbatas pada senyawa-senyawa yang dihasilkan oleh makhluk hidup melalui proses metabolisme berupa metabolit primer maupun sekunder, tetapi juga pada senyawa yang sintesis oleh manusia seperti polimer plastik. Senyawa organik membentuk dasar dari semua kehidupan di bumi dan merupakan mayoritas bahan kimia yang diketahui. Pola ikatan yang dibentuk oleh karbon berupa ikatang tunggal, rangkap dua, rangkap tiga dan ditambah struktur dengan elektron terdelokalisasi membuat susunan senyawa organik secara struktural sangat beragam. Cakupan aplikasi dari senyawa organik ini sangat luas, mulai dari obat-obatan, makanan, bahan bakar,cat, kosmetik dan lainnya.

Dosen Bidang Kimia Organik;

  1. Prof. Adlis Santoni
  2. Dr. Afrizal
  3. Dr. Mai Efdi
  4. Dr. Suryati
  5. Bustanul Arifin, M.Si
  6. Norman Ferdinal, MS
  7. Emil Salim, M.Si.,M.Sc

 

 

Rabu, 08 Maret 2017 11:52

Struktur Organisasi

Written by