Untuk Informasi penerimaan mahasiswa baru pascasarjana silahkan klik disini

 

 

 

Alhamdulillah....Pada akhir tahun 2021 ini, bertambah satu orang profesor di Jurusan Kimia FMIPA UNAND, Prof. Dr. Zulhadjri. Bapak Prof. Dr. Zulhadjri dari bidang Kimia Anorganik, Laboratorium Kimia Material dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai seorang Guru Besar di Bidang Kimia Anorganik.

Dengan bertambahnya seorang profesor baru, maka hingga saat ini Jurusan Kimia telah memiliki 14 orang Guru Besar yang tersebar di lima bidang kimia. Kami, Jurusan Kimia sangat bangga dengan pencapaian ini, dan semoga pencapaian ini mampu meningkatkan kualitas Jurusan Kimia. (YEP)

Guest Lecture Series Jurusan Kimia pada tahun 2021 ini dibuka dengan mendatangkan pembicara luar negeri yaitu Prof. Takao Mori dari National Institute for Materials Science Jepang yang juga Profesor di Universitas Tsukuba (Tsukuba University). Lecture yang diselenggarakan tanggal 27 Oktober 2021 dengan judul "Solid state conversion of waste heat to electricity: The thermoelectric material science challenge" telah menarik minat mahasiswa, dosen dan peneliti dari beberapa universitas di Indonesia dan lembaga penelitian.

Selain itu ikut bergabung juga universitas dari Universitas Malaya Malaysia dan Thermoelectric Society of Thermoelectric Malaysia. Jumlah peserta yang hadir pada lecture ini adalah 110 orang. Kegiatan berlangsung selama 2 jam dimana kuliah selama 1 jam dan diskusi/tanya jawab 1 jam berikutnya.

Jurusan Kimia berharap, dengan adanya kegiatan Guest Lecture ini, yang merupakan bagian dari Usulan kegiatan Hibah PKKM (Proposal Kompetisi Kampus Merdeka) mampu menghangatkan suasana belajar mahasiswa dikala masa pandemi ini. (YEP)

 

 

Jurusan Kimia FMIPA UNAND baru saja menyelenggarakan WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN PEMBUATAN MINYAK ATSIRI yang diperuntukkan ke mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 14 November 2021 dari pukul 08.00 pagi sampai dengan 15.00 sore. Materi pembuatan minyak atsiri diberikan oleh Bapak Dasril, ST, MM yang merupakan seorang praktisi dan tenaga ahli di bidang usaha kecil dan menengah.

Adapun materi rinci dari workshop ini adalah:

  • Minyak atsiri dan teknik pemisahannya
  • Aspek hukum dan bisnis minyak atsiri
  • Branding promosi dan cara mendapatkan investor

Workshop ini merupakan salah satu agenda Hibah PKKM (Proposal Kompetisi Kampus Merdeka) yang telah disiapkan oleh Jurusan Kimia untuk memperkuat kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Kewirausahaan dan sekaligus membekali mahasiswa untuk mandiri dalam berusaha setelah lulus nantinya.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang mahasiswa, dan diutamakan untuk mahasiswa tahun akhir, dimana sebelumnya bagi mahasiswa yang berminat akan mendaftar terlebih dahulu. (YEP)